- HOME - - ISLAM - - GEOGRAFI - - SHARE - - PALESTINE NEW'S - - UNIK -

Minggu, 15 Maret 2009

geomorfo kedua

Disini saya mau berbagi apa yang saya ketahui.....


1. Contoh proses kimia dan fisik yang dapat merubah muka bumi

Jawab:

Proses fisik:

Erosi yang mengakibatkan terkikisnya suatu permukaan yang tinggi menjadi rendah serta mengangkut material hasil erosi kemudian diendapkan yang merupakan bagian penting dalam proses pendataran permukaan bumi.


Pada gambar diatas dapat terlihat bahwasanya daratan yang terangkat akibat proses patahan akan menjadi datar kembali akibat energi dari erosi.

Proses kimia:

Terbentuknya luweng akibat dari proses kimiawi yaitu dimana daerah tersebut dahulunya datar, akan tetapi batuan gamping dari daratan itu memiliki unsur basa dengan kadar yang tinggi dan terdapat pula batuan belerang yang mengandung asam dengan kadar yang tinggi pula. Apabila daratan ini terkena air maka akan terjadi retakan pada dataran tadi akibat dari larutnya batuan blerang yang mempengaruhi batuan gamping yang ada didekatnya, dan selajutnya akan membentuk lubang menurun dan vertikal, seperti gambar yang terlihat dibawah.


2. Contoh media alami yang mampu mengikis dan mengangkut material muka bumi

Jawab:

Tenaga gaomorfik (geomorfik agent), yaitu semua medium alami yang mampu mengikis dan mengangkut material-material yang ada di permukaan bumi.

Tenaga geomorfik berupa:

- Air mengalir

- Glester

- Air tanah

- Gelombang dan arus laut

- Tsunami

- angin

3. Alasan bahwa gravitasi bukan tenaga geomorfik

Jawab:

Gaya grafitasi tidak termasuk tenaga geomorfik karena grafitasi adalah medium alam yang hanya bisa mengikis (scuring) akan tetapi tidak dapat mengangkut (transporting) material bumi, karena syarat medium alam disebut tenaga geomorfik adalah mediu alam yang bisa mengikis (scuring) dan mengangkut (transporting) material-material bumi.

4. Menjelaskan dan memberikan contoh bahwa tenaga geomorfik berasal dari luar dan dalam bumi

Jawab:

Tenaga Endogen

Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu: Diastriofisme dan vulkanisme.

Diastrofisme terdiri atas dua tenaga, yaitu:

- Tenaga epirogenesa

Merupakan tenaga pengangkatan kerak bumi dalam wilayah yang sangat luas dengan kecepatan relatif lambat, misalnya pengangkatan benua.

- Tenaga orogenesa

Merupakan tenaga pengangkatan pada daerah yang relatif sempit dalam waktu yang relatif singkat, misalnya pembentukan pegunungan lipatan.

Contoh: Mungkin saja di suatu daerah dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akibat tenaga endogen ini mengubahnya menjadi gunung, bukit atau pegunungan. Pada bagian lain permukaan bumi turun menjadikan adanya lembah atau jurang.


Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen adalah kebalikan dari tenaga endogen, yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen.

Contoh: Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh air, sehingga terjadi erosi yang dapat mengubah bentuk permukaan bumi.


klo da yang salah bisa betulin kok......
saya sangat membutuhkan saran yang membangun terimakasih.......

8 komentar:

  1. sip kron, hhe
    bagusbagus, ni blog update terus, jadi bisa bagi2 ilmu juga
    oioi, liat postingku ttg kita touring kemarin
    :P

    BalasHapus
  2. mantep gan
    ini yang q butuhkan

    BalasHapus
  3. terimakasih ilmunya :D

    keep posting and share the knowledge :D

    BalasHapus
  4. tugasnya pak widi yo ?? hehehe... ok.

    BalasHapus
  5. sip...tugas pak widi kejawab sudah

    BalasHapus
  6. like this :)nyari jawaban buat tugas pak Widi juga ni..,hehe

    BalasHapus
  7. yang nomor 3 itu kayak nya gravitasi tdk bisa mengikis, hanya bisa memacu,, ^^?

    BalasHapus